6 Mei 2012

~~La Tahzan for Broken Hearted Muslim & Muslimah~~


Mengapa harus kata jatuh yang berada di depan kata cinta?
Apakah cinta memang selalu identik dengan musibah dan malapetaka?

Mengapa harus kata mati yang berada di belakang kata cinta?
Apakah cinta memang selalu menghadirkan segumpal lara dan setetes air mata?

Sejumlah kisah, sejumlah peristiwa, lahir dan tumbuh bersama cinta.
Tak jarang terdapat luka di setiap akhir cerita, ya, luka yang teramat pedih.
Luka yang berakhir dengan tangisan pilu dan kesedihan abadi.

Sebaris kata bijak diatas boleh juga sebagai motivasi buat kalian yang hatinya sedang dilanda musim “GALAU” yang sedang menjamur cause of “BROKEN HEART”…Saya hadirkan artikel coretan ini karena saya tergugah ketika melihat para kaum remaja muslim dan muslimah,akhi dan ukhti entah itu tua ataupun muda yang saat ini yang dengan mudahnya menjatuhkan hatinya atau bahkan mungkin lebih dari sebagai penghambaan diri akan sebuah cinta,entah itu cinta dunia ataupun cinta buta seperti yang akan kita bahas saat ini.

Karena cinta kadang membuat kita buta dalam melihat juga menilai dan tuli ketika satu kenyataan nampak yang tertutup oleh butanya cinta,Mencintai sesuatu pasti akan melahirkan satu konsekuensinya yaitu tersakiti karena sebuah penghianatan dan di kecewakan.Disini kita dituntut untuk bisa menerimanya tatkala kita tidak bisa menerima satu kenyataan bahwa orng yang kita cintai berpaling dari kita.

”Tak selamanya kita memperoleh semua yang kita sukai, maka belajarlah untuk menyukai semua yang telah kita peroleh…”

Kita tidak bisa menyalahkan dalam hal ini karena episode “Penghianatan Cinta” ini sejatinya bagian dari “pelajaran” Allah SWT kepada kita.
Jika kita bersabar dan ikhlas dengan episode hidup seperti ini,kita akan saling memaafkan dan akan saling mendoakan semoga Allah SWT memilihkan yang terbaik untuk kita.

Ketika cinta kita di tolak atau bertepuk sebelah tangan maka akan mengakibatkan derita lahir salah satunya depresi atau stress, sedangkan derita batin yaitu hatinya menjadi keruh karena sudah dicemari penyakit dan hatinya kering dari kerinduan terhadap Allah.

Cinta memang tak pernah usang untuk dibahas,Selalu ada sisi menarik dari cinta,Allah menyadarkan kita tentang makna cinta..Tentang siapa yang memiliki cinta,tentang kesombongan kita yang mengaku bisa menjaga “cinta” dengan berpacaran dstnya..tapi ketika ayat_ayat cinta sudah membutakan mata hati maka sesuatu yang "diinginkan"pun akan terjadi.
 

orang yang berakal mengetahui bahwa secara logika dan syariat dalam hidup ini, ia harus meraih kebaikan dan kemaslahatan atau melengkapinya dan menghindar dari mafsadah. Jika seseorang dihdapkan pada masalah yang ada kandungan masalahat dan mafsadah,maka ia harus memiliki dua prinsip.

Prinsip amali dan prinsip ilmiah. Secara ilmiah mengharuskannya memiliki pengetahuan tentang mana yang lebih kuat segi maslahat atau mafsadahnya? Jika ia telah menemukan mana yang paling banyak masalahatnya, maka seseorang itu harus mengikuti yang palig banyak masalahatnya. Bukan justru mengikuti yang banyak mafsadahnya, meskipun secara pandangan mata, itu sangat baik bagi seseorang.

Seseorang harus memahami bahwa cinta buta itu, tidak ada sama sekali maslahatnya bagi manusia di dunia dan akhirat. Cinta itu dapat menimbulkan mafsadah bagi manusia dalam kategori yang sangat luas dalam kehidupan ini.
Menurut Imam Ibnu Al-Jauzi, ”kecintaan, kasih sayang dan ketertarikan terhadap sesuatu yang indah dan memiliki kecocokan tidaklah merupakan hal yang tercela serta tak perlu dibuang. Namun, cinta yang melewati batas ketertarikan dan kecintaan, maka ia akan menguasai akal dan membelokkan pemiliknya kepada hal yang tidak sesuai dengan hikmah yang sesungguhnya, hal seperti inilah yang tercela.”

”Cintailah orang yang kamu cintai dengan sewajarnya. Karena barangkali suatu saat kamu membencinya. Dan bencilah orang yang kamu benci dengan sewajarnya. Sebab, mungkin saja suatu hari kamu mencintainya.” (HR. Al Baihaqi,At Tirmidzi)

“Bergembiralah ketika suatu hubungan harus berakhir. Mungkin Tuhan sedang mempersiapkan seseorang yang terbaik buatmu”

Tidak ada salahnya kita tertarik atau suka dengan lawan jenis asalkan kita mampu membentengi hati kita dengan tazkiyatun nufs yakni membersihkan jiwa dari penyakit hati agar ketika kita tertimpa sesuatu seperti cinta ditolak kita tak akan mudah jatuh.

Ketika Allah menyayangi kita dengan memberikan ujian dan cobaan bukan sebagai hukuman, melainkan hanya sebuah seni kehidupan untuk meningkatkan kedewasaan dan kualitas iman.

Satu hal yang tak boleh terlupakan bagi seorang muslim/muslimah,bahwa Allah tidak akan mungkin menyia_nyiakan hamba-Nya yang lebih memilih cinta dan kasih sayang-Nya, meski harus merelakan sang kekasih
menjadi milik orang lain…

Ibarat persimpangan jalan, saat ini kita sedang menghadapi 3 persimpangan jalan.
Pilihan pertama dan kedua dijamin akan indah diawal tetapi malah tidak akan jelas.
Tetapi pilihan ketiga insyaAllah agak berat diawal tetapi berakhir bahagia dibelakangnya,
Tetapi kecenderungan yang terjadi pada kebanyakan kita adalah, kita kemudian terjebak pada pilihan yang pertama dan kedua, jarang sekali kemudian kita memilih pilihan yang ketiga.

Bahwa..Permulaannya suatu yang ringan dan Manis,pertengahannya kekhawatiran,,,Kesibukan dibukan hati dan siksaan.(Ibnu Adil Qayam).

Ending part of this history Love ini yaitu bersabar dan memohon ketabahan kepada Allah, dan lebih memilih keridhaan Allah walau harus bertarung dengan perasaan sendiri.. sabar adalah meluruskan niat ketika punya keinginan,Sabar itu berproses dari proses itu Insya Allah akan berbuah pahala…Seandainya tidak ada ujian maka tidak akan tampak keutamaan sabar. Apabila ada kesabaran maka akan muncul segala macam kebaikan yang menyertainya, namun jika tidak ada kesabaran maka akan lenyap pula kebaikan itu.

Mau tidak mau hidup memang kudu pake aturan friend agar hidup kita terarah dan tidak salah melangkah,buat kamu,kamu dan kamu yang masih punya masalah dengan yang namanya cinta, jangan kecil hati dulu,mencintai tuh nggak salah kok, malah manusiawi banget,.Jangan silau dengan yang namanya cinta dunia and apalagi cinta buta,Jika kita sudah di perbudak oleh nafsu cinta dunia apalgi cinta buta,garansinya hanya akan membuat hidup kamu and kamu tambah ribet and semrawut.

So, akhiri semua imaginasi kamu and ketidak jelasan `cinta` yang kamu punya tuh sebelum semuanya terlambat, enjoy with your life, semua bakal ada waktunya,yang penting jaga keindahan dan ketulusannya biar selalu tetap utuh dan kelihatan indah.

“Dan Adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, Maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya).” (QS An-Nazi’at : 40-41)

“Jika kau liarkan matamu kepada semua mata, maka semua pemandangan akan membuatmu lelah.
Kaulihat pemandangan, tapi tak seluruhnya mampu kau lihat dan kau tatap”…

Berhati_hatilah jangan sampai salah melangkah dengan cinta yang awalnya adalah sebuah anugrah malah menjadi nafsu yang nggak pake arah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NASIHAT PERNIKAHAN UNTUK SUAMI DAN ISTERI

Pernikahan adalah suatu perjanjian yang besar, suatu pertanggungjawaban yang berat bagi seorang laki-laki, yang mana dia mengambil seorang w...